Wednesday, June 3, 2020

RPP Tema 6 Kelas II SDKh Hambatan Pendengaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 

Nama Satuan Pendidikan : SKh Idaman Hati 
Mata Pelajaran : SBDP 
Tema : 6. Tanaman di Sekitarku 
Sub Tema : 6.1 Bagian-bagian Tanaman 
Kelas/Semester : II/Genap 
Alokasi Waktu : 3 x 30 menit (1x pertemuan) 

Kompetensi Inti : 
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. 
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 

A. Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran 
3.5 Mengenal kerajinan dari bahan alam 
      1. Peserta didik dapat menunjuk kerajinan yang dapat dibuat dari bahan alam dan kerajinan yang            bukan terbuat dari bahan alam 
      2. Peserta didik dapat menunjukkan bahan alam yang dapat digunakan untuk kerajinan 
4.5 Membuat karya kerajinan dari bahan alam 
      1. Peserta didik dapat membuat kerajinan sederhana dari bahan alam 

B. Kegiatan Pembelajaran 
Media/Alat : Gambar ranting pohon, gambar pohon 
Metode : Saintifik 
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan 
Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama 
Guru melaksanakan apersepsi 
Guru bersama peserta didik melaksanakan literasi selama 15 menit 
Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan beserta tujuannya 
Proses 
Peserta didik mengamati gambar kerajinan dari ranting pohon 
Peserta didik mengamati ranting pohon yang dibawa 
Peserta didik mengamati gambar pohon 
Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru mengenai ranting pohon 
Peserta didik mengenalbagian-bagian pohon 
Peserta didik membuat gambar pohon dan mewarnainya 
Penutup 
Peserta didik dibantu guru menyimpulkan hasil pembelajaran
Peserta didik dibimbing guru melaksanakan penilaian dan evaluasi 
Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pembelajaran berikutnya 

C. Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan 
    Penilaian tertulis ; setiap nomor mendapat skor 5 
    a. Kerajinan apa yang dapat dibuat dari ranting pohon? 
    b. Darimana asal ranting pohon? 
2. Penilaian kerja 
    a. Membuat gambar pohon dan mewarnainya

Tangerang, 31 Januari 2020 
Mengetahui 

                    Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran/Kelas




                    Nurhasanah, S.HI                                                                        Dzuhrita Novriani S, S.Pd

0 comments:

Post a Comment