RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan Pendidikan : SKh Idaman Hati
Mata Pelajaran : SBDP
Tema : 6. Tanaman di Sekitarku
Kelas/Semester : II/Genap
Alokasi Waktu : 3 x 30 menit (1x pertemuan)
Kompetensi Inti :
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
A. Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran
3.5 Mengenal kerajinan dari bahan alam
1. Peserta didik dapat menunjuk kerajinan yang dapat dibuat dari bahan alam dan kerajinan yang bukan terbuat dari bahan alam
2. Peserta didik dapat menunjukkan bahan alam yang dapat digunakan untuk kerajinan
4.5 Membuat karya kerajinan dari bahan alam
1. Peserta didik dapat membuat kerajinan sederhana dari bahan alam
B. Kegiatan Pembelajaran
Media/Alat : Gambar ranting pohon, gambar pohon
Metode : Saintifik
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama
Guru melaksanakan apersepsi
Guru bersama peserta didik melaksanakan literasi selama 15 menit
Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan beserta tujuannya
Proses
Peserta didik mengamati gambar kerajinan dari ranting pohon
Peserta didik mengamati ranting pohon yang dibawa
Peserta didik mengamati gambar pohon
Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru mengenai ranting pohon
Peserta didik mengenalbagian-bagian pohon
Peserta didik membuat gambar pohon dan mewarnainya
Penutup
Peserta didik dibantu guru menyimpulkan hasil pembelajaran
Peserta didik dibimbing guru melaksanakan penilaian dan evaluasi
Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pembelajaran berikutnya
C. Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Penilaian tertulis ; setiap nomor mendapat skor 5
a. Kerajinan apa yang dapat dibuat dari ranting pohon?
b. Darimana asal ranting pohon?
2. Penilaian kerja
a. Membuat gambar pohon dan mewarnainya
Tangerang, 31 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
Nurhasanah, S.HI Dzuhrita Novriani S, S.Pd
0 comments:
Post a Comment