RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan Pendidikan : SKh Idaman Hati
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan SBDP
Tema : 5. Hidup Bersih dan Sehat
Kelas/Semester : II/Genap
Alokasi Waktu : 6 x 30 menit (1x pertemuan)
Kompetensi Inti :
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
A. Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
A. Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
3.2 Mengidentifikasi teks petunjuk/arahan sederhana tentang pemeliharaan kesehatan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
1. Peserta didik dapat mengetahui alat/benda untuk memelihara kesehatan tubuh
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat/benda untuk memelihara kesehatan tubuh
4.2 Menyampaikan penjelasan menggunakan teks arahan/petunjuk sederhana tentang pemeliharaan kesehatan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
1. Peserta didik dapat menggunakan alat/benda memelihara kesehatan tubuh dengan baik
SBDP
3.4 Mengenal alat musik ritmis
1. Peserta didik dapat mengetahui alat/benda untuk memelihara kesehatan tubuh
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat/benda untuk memelihara kesehatan tubuh
4.2 Menyampaikan penjelasan menggunakan teks arahan/petunjuk sederhana tentang pemeliharaan kesehatan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
1. Peserta didik dapat menggunakan alat/benda memelihara kesehatan tubuh dengan baik
SBDP
3.4 Mengenal alat musik ritmis
1. Peserta didik dapat mengetahui beberapa alat musik ritmis
4.4 Memainkan alat musik ritmis
1. Peserta didik dapat menunjukkan alat musik ritmis
B. Kegiatan Pembelajaran Media/Alat : Gambar alat kebersihan badan, gambar alat musik ritmis, pensil warna/crayon
Metode : Saintifik
Kegiatan PembelajaranPendahuluan Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama
Guru melaksanakan apersepsi
4.4 Memainkan alat musik ritmis
1. Peserta didik dapat menunjukkan alat musik ritmis
B. Kegiatan Pembelajaran Media/Alat : Gambar alat kebersihan badan, gambar alat musik ritmis, pensil warna/crayon
Metode : Saintifik
Kegiatan PembelajaranPendahuluan Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama
Guru melaksanakan apersepsi
Guru bersama peserta didik melaksanakan literasi selama 15 menit
Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan beserta tujuannya
Proses Peserta didik mengamati gambar alat kebersihan tubuh
Peserta didik bertanya kepada guru fungsi dari alat kebersihan tubuh
Peserta didik bertanya kepada guru fungsi dari alat kebersihan tubuh
Peserta didik mengamati penjelasan guru tentang alat kebersihan tubuh
Peserta didik menunjukkan gambar alat kebersihan tubuh yang disebutkan guru
Peserta didik mengelompokkan alat kebersihan tubuh sesuai fungsinya
Peserta didik mengamati gambar alat musik ritmis
Peserta didik mengamati penjelasan guru nama dari alat musik ritmis
Peserta didik menunjukkan gambar alat musik yang disebutkan guru
Peserta didik mengelompokkan alat kebersihan tubuh sesuai fungsinya
Peserta didik mengamati gambar alat musik ritmis
Peserta didik mengamati penjelasan guru nama dari alat musik ritmis
Peserta didik menunjukkan gambar alat musik yang disebutkan guru
Penutup Peserta didik dibantu guru menyimpulkan hasil pembelajaran
Peserta didik dibimbing guru melaksanakan penilaian dan evaluasi
Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pembelajaran berikutnya
C. Penilaian Pembelajaran 1. Penilaian Pengetahuan
Peserta didik dibimbing guru melaksanakan penilaian dan evaluasi
Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pembelajaran berikutnya
C. Penilaian Pembelajaran 1. Penilaian Pengetahuan
Penilaian tertulis ; setiap nomor mendapat skor 1
a. Disajikan gambar alat kebersihan badan, peserta didik memberi tanda yang disebutkan guru (5 soal)
b. Disajikan gambar alat musik ritmis, peserta didik memberi tanda pada kolom yang disebutkan guru (3 soal)
2. Penilaian kerja
a. Menunjuk gambar alat kebersihan
b. Menunjuk gambar alat musik yang disebutkan
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
Nurhasanah, S.HI Dzuhrita Novriani S, S.Pd
a. Disajikan gambar alat kebersihan badan, peserta didik memberi tanda yang disebutkan guru (5 soal)
b. Disajikan gambar alat musik ritmis, peserta didik memberi tanda pada kolom yang disebutkan guru (3 soal)
2. Penilaian kerja
a. Menunjuk gambar alat kebersihan
b. Menunjuk gambar alat musik yang disebutkan
Tangerang, 27 Desember 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
Nurhasanah, S.HI Dzuhrita Novriani S, S.Pd
0 comments:
Post a Comment